Kamis, 08 November 2012

Pengertian Tentang Blog dan Manfaatnya

Blog  merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. istilah Web log ini pertamakali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Dengan kata lain, Weblog dapat diartikan sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll).
1.     Manfaat membuat Blog
Manfaat dari Blogger :
1.  
1.      Blog menjadi sarana publikasi tulisan yang termudah sekaligus strategis.
2.      Tulisan di blog mudah sekali dikomentari dan feedback ini banyak manfaatnya. Asal menu   komentar tidak ditutup, maka siapa pun yang membaca tulisan kita bisa berkomentar apa saja di sana.
3.      Blog bisa menjadi alat penumbuh kebiasaan dan keteraturan menulis.
4.      Menulis di blog secara rutin juga berdampak pada kemampuan kita dalam menuangkan gagasan.
5.      Blog bisa menjadi ajang ekspresi yang bebas hambatan sama sekali.
6.      Blog adalah tempat kita untuk menabung tulisan. Satu demi satu kita isi blog dengan beragam tulisan, maka lama kelamaan blog kita akan penuh juga. Bagus sekali bila mayoritas tulisan yang kita tampilkan di blog adalah karya sendiri. Terlebih bila blog memang kita jadikan sebagai sarana untuk berlatih menulis dan menampung tulisan-tulisan karya sendiri.
7.      Blog bisa berfungsi sebagai media personal branding. Blog bisa menjadi ajang unjuk ide, pikiran, karya, tulisan, serta pencitraan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar